Pengalamanku ikut Lomba Jerman Online

Perkenalkan saya Adela kelas XI MIPA 5. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya, saya pertama kali mengikuti lomba secara online. 

Pada awalnya saya mengikuti ekskul Jerman. Saya mengikuti ekskul tersebut karena saya suka mempelajari Bahasa asing seperti Bahasa Jerman. Saat kelas 11 saya ditawari oleh guru saya yang membina ekskul jerman tersebut untuk ikut lomba Deutshe Woche yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA). 

Saya senang saat ditawari, saya setuju untuk ikut lomba tersebut. Karena sedang masa pandemic covid 19, jadi lomba tersebut dilaksanakan secara daring. Saya mengikuti lomba untuk jenis lomba Deutshkenntnise dengan seorang teman saya yang juga sekelas dengan saya. Kami melaksanakan pembinaan sejak akhir July sampai Oktober awal. 

Tim Lomba Jerman kurang Hanna


Selama pembinaan kami lebih sering mengerjakan soal soal dan juga diberi beberapa penjelasan materi. Pembimbing kami adalah Frau F yang menurut saya sangat sabar menghadapi kami yang suka ngeyel. Untuk pembinaan biasanya seminggu hanya masuk 3 kali tapi kadang juga hanya 2 kali. Untuk tentang pelaksanaan lombanya di informasikan 5 hari sebelum lomba, dengan diadakannya technical meeting untuk pelaksanaan lombanya 

Lombanya dilaksanakan tanggal 10 Oktober yaitu hari Sabtu dimulai jam set 10. Saya memutuskan untuk lombanya di sekolah, karena jaringan wi fi saya tidak stabil. Saya berangkat dari rumah jam 8 karena rumah saya dekat dari sekolah sekitar 1 km jadi saya cepat sampai ke sekolah. Setelah sampai saya langsung naik ke atas yaitu laboratorium Komputer, tempat saya akan mengikuti lomba.

Saya langsung duduk ditempat saya dan siap-siap untuk lombanya. Deg-deg an? Banget, tapi lebih parah waktu malam sebelum lomba. Sebelum lomba ada pembukaan pakai zoom, jadi saya siapin dulu zoom nya. Setelah pembukaan lomba langsung mulai jadi nggak ada jeda untuk siap-siap. 

Saya waktu itu telat ikut sekitar 10 menit gara-gara absen dulu, tapi akhirnya saya nggak jadi absen karena udah keburu telat ikut lombanya. Jadi saya baru absen setelah lombanya selesai. Waktu udah buka website lombanya itu langsung dimasukin password nya tapi harus nunggu dulu karena error dari sananya. Habis itu dicoba lagi bisa masuk, terus langsung masukin biodatanya. Setelah itu langsung mulai ngerjain, untuk yang soal pertama itu langsung hören. Saya terlalu lama di bagian hören jadi untuk lesen nya cuma punya waktu sedikit. 


Setelah selesai saya nyesel karena terlalu lama di bagian hören tadi, jadi pas bagian lesen harus buru-buru. Akhirnya saya juga nggak lolos babak selanjutnya. Saya merasa bersalah banget karena nggak bisa lolos, tapi ini mungkin bisa jadi pelajaran bagi saya untuk melakukan yang lebih baik untuk selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pengalamanku ikut Lomba Jerman Online"